Pengantar Industri Pariwisata

Pengantar Industri Pariwisata

pengantar-industri-pariwisata-300x444-1

Judul Pengantar Industri Pariwisata
Pengarang I Gusti Bagus Rai Utama, SE., MMA., MA
Institusi Universitas Dhyana Pura
Kategori Buku Referensi
Bidang Ilmu Pariwisata
ISBN 978-602-280-328-7
Ukuran Unesco
Halaman xii, 231 hlm
Harga Rp.95.000
Ketersediaan Pesan Dulu

– See more at: https://penerbitbukudeepublish.com/shop/buku-pengantar-industri-pariwisata/

 

Buku Pengantar Industri Pariwisata |

Buku ini memberikan pemahaman tentang konsep-konsep hakekat pariwisata, dan jenis-jenis pekerjaan yang berkaitan dengan industri pariwisata.

Tujuan yang diharapkan pada matakuliah Pengantar Industri Pariwisata ini, yaitu agar mahasiswa memiliki pengetahuan bidang pariwisata dan ruang lingkupnya. Setelah membaca  buku ini, diharapkan  mahasiswa dapat memahami ruang lingkup industri pariwisata.

Pariwisata telah menjadi industri terbesar dan memperlihatkan pertumbuhan yang konsisten dari tahun ke tahun. World Tourism Organization memperkirakan bahwa pada tahun 2020 akan terjadi peningkatan sebesar 200% terhadap angka kunjungan wisatawan dunia saat ini. Pariwisata modern saat ini juga dipercepat oleh proses globalisasi dunia sehingga menyebabkan terjadinya interkoneksi antar bidang, antar bangsa, dan antar individu yang hidup di dunia ini. Perkembangan teknologi informasi juga mempercepat dinamika globalisasi dunia, termasuk juga didalamnya perkembangan dunia hiburan, rekreasi dan pariwisata.

Pertanyaannya adalah, dapatkah Indonesia turut serta dalam peningkatan kunjungan yang diperkirakan oleh World Tourism Organization tersebut?, upaya apa yang semestinya dilakukan oleh pelaku, dan stakeholders pariwisata ditengah keterbatasan dana pengembangan dan pemasaran pariwisata saat ini? Sudahkan pariwisata Indonesia sesuai dengan harapan wisatawan?. Suradnya (2005) berpendapat, pengelola destinasi pariwisata harus selalu mencermati beberapa hal penting berikut ini: (1) telah terjadi pergeseran pasar pariwisata, (2) strategi bersaing yang semakin rumit, (3) pemberdayaan sumber daya manusia yang dituntut untuk dapat memberikan nilai pada wisatawan. (4) jaringan kerja terjalin dengan baik,  (5) pemanfaatan teknologi terutama teknologi informasi secara tepat untuk dapat meningkatkan nilai tambah,dan  (6) inovasi di berbagai aspek bersaing di bidang pariwisata.

Saat  buku Pengantar Industri Pariwisata ini di tulis, penulis sedang melanjutkan studi pada jenjang doktor untuk bidang pariwisata (Kandidat Doktor Pariwisata) di Universitas Udayana Bali.  Saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Dhyana Pura Bali.

Buku Pengantar Industri Pariwisata ini diterbitkan oleh Penerbit Buku Deepublish

Leave a comment