Metodologi Penelitian Pariwisata dan Perhotelan
Pesan di sini
http://andipublisher.com/produk-0113004600-metodologi-penelitian-pariwisata-dan-per.html
Sinopsis
Di tengah kegalauan dalam proses belajar dan mengajar pada bidang pariwisata dan perhotelan akhirnya tercetus keinginan untuk membuat buku yang dianggap boleh membantu para mahasiswa khususnya pada tingkatan strata satu (sarjana), dan untuk para praktisi pariwisata dan perhotelan agar dapat melakukan penelitian sebagai sebuah budaya kerja yang harus dilakukan setiap saat untuk dapat melakukan inovasi dan menumbuhkan kreatifitas khususnya pada bidang pariwisata dan perhotelan.
Buku metodologi penelitian pariwisata dan perhotelan ini memberikan pemahaman tentang konsep-konsep hakekat penelitian pariwisata dan perhotelan, tipe atau jenis penelitian, proses penelitian, pengukuran variabel, sampling, pengumpulan, pengolahan, dan analisis data, penyusunan rencana penelitian, serta penyusunan laporan penelitian di bidang perhotelan dan pariwisata.
Tujuan yang diharapkan pada matakuliah metodologi penelitian ini, yaitu agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan penelitian, serta mampu melakukan penelitian untuk pemecahan masalah sesuai bidang pariwisata dan perhotelan. Setelah membaca buku ini, diharapkan mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian pariwisata dan perhotelan.
Outline
BAB.I HAKEKAT ILMU DAN PENELITIAN
1.1. Dasar-Dasar Pengetahuan
1.2. Filsafat Kebenaran Ilmu
1.3. Kriteria Kebenaran
1.4.Terminologi
BAB.II BANGUNAN ILMU PARIWISATA
1.1. Rasionale
1.2. Sejarah Perjuangan Kemandirin Ilmu Pariwisata
1.3. Kajian Tentang Ilmu Pariwisata sebagai sebuah Ilmu yang Mandiri
1.4. Obyek Material dan Formal Ilmu Pariwisata
BAB.III RUANG LINGKUP PARIWISATA DAN PERHOTELAN
3.1. Pengertian Jasa Pariwisata
3.2. Definisi Pariwisata Berbagai Sudut Pandang
3.3. Ruang Lingkup Penelitian Pariwisata dan Perhotelan
BAB.IV PENDEKATAN PENELITIAN PARIWISATA
KUALITATIF ATAU KUANTITATIF
4.1. Pengertian Penelitian
4.2. Jenis-jenis Penelitian Kualitatif dan Analisis Datanya
4.3. Jenis-jenis Penelitian Kuanlitatif dan Analisis Datanya
4.4. Penggabungan Kualitatif dan Kuantitaif
BAB.V DATA STATISTIK DAN SKALA PENGUKURAN
5.1. Data Kuantitatif dan Data Kualitatif
5.2. Prosedur Penelitian Dengan Data Statistik
5.3. Cara Pengumpulan Data Statistik
5.4. Skala Pengukuruan
5.5. Validitas dan Reliabilitas
BAB.VI PEMILIHAN TEKNIK ANALISIS PENELITIAN
6.1. Teknik Analisis Data
6.2. Statistik Deskriptif
6.3. Statistik Inferensia
BAB.VII ANALISIS SWOT DESKRIPTIF KUALITATIF UNTUK PARIWISATA
7.1. Analisis S-W-O-T
7.2. Analisis Matriks I-F-A-S
7.3. Analisis Matriks EFAS
7.4. Analisis Q-S-P-M
7.5. Studi Kasus: Penelitian Strategi Pengembangan Objek dan Daya Tarik Wisata pada Taman Kupu-kupu Mutiara Kabupaten Jembrana Bali
BAB.VIII THE SERVICE PROFIT CHAIN ALAT ANALISIS UNTUK PENELITIAN USAHA JASA PERHOTELAN DAN PARIWISATA
8.1. Logika Kerja SPC
8.2. Kualitas layanan internal (internal service quality)
8.3. Kepuasan karyawan (employee satisfaction)
8.4. Loyalitas karyawan (employee loyalty)
8.5. Nilai layanan eksternal (external service value)
8.6. Kepuasan pelanggan (customer satisfaction)
8.7. Loyalitas pelanggan (customer loyalty)
8.8. Pertumbuhan pendapatan (revenue growth)
8.9. Profitabilitas (Profitability)
8.10. Hipotesis: Penerapan Analisis SPC pada Jasa Perhotelan
BAB.IX ANALISIS FAKTOR UNTUK PENELITIAN PARIWISATA
9.1. Filosofis Analisis Faktor
9.2. Penelitian Menggunakan Analisis Factor
BAB.X MULTIDIMENSIONAL SCALING ANALYSIS
10.1. Filososfi MDS
10.2. Penelitian Menggunakan MDS
10.3. Konsep Persepsi
10.4. Konsep Positioning
10.5. Mapping Obyek Wisata EcoTourism di Bali
BAB.XI ANALISIS DESKRIPTIF: SEGMENTASI PASAR WISATAWAN
11.1. Filosofi Segmen Pasar
11.2. Alat Analisis Segmentasi Pasar
11.3. Penentuan Variabel Segmentasi Pasar
11.4. Output Hasil Penelitian Segmentasi Pasar
BAB.XII REGRESI DAN KOLERASI PADA JASA PARIWISATA DAN PERHOTELAN
12.1. Pengertian Tentang Hubungan Linier Antara dua Variabel
12.2. Cara Penerapan Garis Regresi
12.3. Koefisien Kolerasi
12.4. Uji Hipotesi T-test
12.5. Contoh Kasus Penggunaan Analisis Regresi dan Korelasi Pada Sebuah Hotel untuk menganalisis efektivitas Advertising dan Biaya Personal Selling terhadap Total Pendapatan pada Sebuah Hotel.
BAB.XIII BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENILAIAN KINERJA USAHA JASA RESTORAN
13.1. Balanced Scorecard Untuk Pengukuran Kinerja Perusahaan Jasa Restoran
13.2. BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENILAIAN KINERJA
13.3. Perspektif Keuangan
13.4. Perspektif Pelanggan
13.5. Perspektif Proses Bisnis Internal
13.6. Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan
13.7. Pengukuran Tingkat Kepuasan Karyawan
13.8. Contoh Kasus
BAB.XIV TATA CARA PENULSAN PROPOSAL DAN LAPORAN
14.1. Tata Cara Penulisan Usulan
14.2. Tata Cara Penulisan Skripsi
BAB.XV TEKNIK MERUJUK DAN MENGUTIP
15.1. Kegunaan Merujuk
15.2. Tujuan Merujuk
15.3. Sumber-Sumber Rujukan
15.4. Cara Pencarian
15.5. Kaitan Rujukan Pustaka dengan Daftar Pustaka
LAMPIRAN: MATERI TAMBAHAN CONTOH PROPOSAL
Leave a comment
Comments 0